Sabtu, 09 November 2013

Terapi Hijau---Senjata Kimia Generasi Baru

Definisi
  Kemoterapi adalah sebuah kemajuan besar dalam sejarah manusia melawan kanker, yaitu cara pengobatan yang menggunakan obat kimia untuk membunuh sel kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker, saat ini masih merupakan cara utama dalam pengobatan kanker, tetapi kemoterapi konvensional dapat mengakibatkan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan merusak jaringan normal.
  Rumah Sakit Kanker Modern Guangzhou memperbaiki cara kemoterapi konvensional menjadi kemoterapi modern, dengan hasil yang lebih efektif, meringankan efek samping, merupakan senjata kimia generasi baru untuk membunuh kanker, yang disebut sebagai “Terapi hijau”.
  Jenis terapi
  Saat ini ada 100 macam obat kemo yang digunakan untuk mengobati kanker. Berdasarkan mekanisme kegunaan terbagi dalam alkilasi, antimetabolit, antibiotik melawan tumor, obat anti kanker dari tumbuh-tumbuhan, obat hormon dan kekebalan tubuh, dan lain-lain.
  Keunggulan
  1.Meninggkatkan tingkat pengobatan kanker, membuat kanker mengecil hingga menghilang
  2.Menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker, memperpanjang kelangsungan hidup
  3.Meringankan gejala dan meningkatkan kualitas hidup
  Caranya
  Digunakan sendiri maupun dengan kombinasi: bisa hanya menggunakan obat kemo, atau biasanya dikombinasikan dengan pengobatan lain untuk memperkuat hasil pengobatan, kombinasi pengobatan selain dapat membunuh lebih banyak sel kanker, juga mengurangi kemungkinan resistensi tubuh terhadap obat tertentu.
  Pemakaian : dapat diminum, obat luar, maupun dengan suntik (caranya dapat disuntik dari pembuluh darah vena, otot, bawah kulit, pembuluh darah arteri, selaput dada, selaput perut, maupun dengan penyumbatan dan lainnya)
Rumah Sakit Kanker Modern Guangzhou--- Terapi Hijau
Molecular targeted therapy
Terapi Target molekuler
Berdasarkan hasil patogenesis molekuler kanker,
memberi serangan terhadap kanker sesuai dengan perubahan molekul,
dibidik dengan tepat lokasi tumor,
melalui jalur khusus menghalangi pertumbuhan epidermal reseptor,
 membunuh sel kanker hanya dengan efek samping yang ringan
terhadap sel normal.
Chrono kemoterapi Berdasarkan waktu perubahan tubuh biologis manusia,
memilih waktu dimana sel kanker sensitif dan aktif,
 dan sel normal sedang istirahat,
 dengan bantuan menggunakan obat pompa infus khusus dari banyak arah,
 membidik waktu dengan tepat jaringan tumor yang paling sensitif dan aktif,
dengan dosis paling rendah untuk mencapai hasil yang maksimal.
Lokal Kemoterapi infus Memasukkan obat anti-kanker melalui arteri yang berfungsi sebagai pemasok
 darah ke kanker,
serangan langsung ke daerah kanker dengan konsentrasi obat yang tinggi,
keefektifan meningkat beberapa kali lipat,
efektif membunuh sel kanker yang tersisa dan lesi berukuran kecil,
efek samping kecil.
Di bawah kulit akan dipasang satu kotak untuk penyaluran obat melalui
 kateter langsung ke bagian lokal daerah kanker,
sekali pemasangan dapat digunakan untuk beberapa kali.
Lokal kemoterapi dua arah Lokal kemoterapi dari pembuluh darah + rongga perut,
dalam rongga akan disalurkan kemoterapi panas,
agar konsentrasi obat lebih tinggi, keefektifan berlangsung lebih lama,
hasil lebih terjamin.

Pisau Photon : 3D Radioterapi Stereotactic – Sinar multipel, dari banyak sisi, dan mengikuti bentuk tumor

  Definisi
  “pisau photon” adalah sebuah sistem penyinaran yang mengikuti bentuk tumor, melalui sinar photon membunuh sel tumor, hasil seperti operasi pengangkatan tumor, maka disebut sebagai “pisau photon”
  Keistimewaan terbesar dari pisau photon adalah dilakukan secara tiga dimensi, tepat sasaran, pengobatan radioterapi stereotactic yang dapat disebut sebagai “radioterapi yang mengikuti bentuk kanker”, adalah teknologi modern terbaru pada dunia radioterapi internasional masa kini. Dengan otomatis menyesuaikan dengan tepat dan teliti bentuk dari tumor yang tidak beraturan, mengurangi efek samping pada jaringan normal sekitar tumor, meningkatkan ketepatan sasaran pada lokasi tumor, dan meminimalkan komplikasi setelah radioterapi.
  proses pengobatan
  1.Pertama, penentuan posisi tumor – menggunakan teknologi stereotactic, CT, MRI, X-ray,dan teknologi pemeriksaan tiga dimensi lainnya, menentukan posisi lesi dan letak organ penting tubuh yang berdekatan, proses ini dinamakan perancangan posisi tiga dimensi.
  2.Kedua, merancang konsep – menggunakan sistem perancangan konsep pengobatan tiga dimensi, menentukan posisi sinar pisau photon tepat pada sasaran, mengkalkulasi secara tepat dan optimal dosis yang akan diberikan untuk menghancurkan lesi tanpa mempengaruhi organ penting tubuh yang berdekatan, merancang konsep pengobatan yang terbaik.
  3.Ketiga, pengobatan akurat – berdasarkan besar kecilnya tumor atau lesi, posisi lesi, kedalaman lesi, ditentukan penyinaran dengan dosis berbeda, agar dosis penyinaran yang dipakai dapat memasuki bagian lesi yang paling dalam, dan membuat jaringan tumor kongestif, edema, rusak dan mati setelah itu sel jaringan yang telah mati tersebut akan diserap, diurai, dan dikeluarkan oleh jaringan normal sekitarnya.
  keunggulan
 Pisau  photon
Berdasarkan bentuk tumor dilakukan “perlawanan brutal” yang akurat pada jaringan tumor secara menyeluruh.
Dosis yang dikumpulkan dari berbagai sudut, dapat mencapai dosis pembunuhan tumor secara keseluruhan.
        
Tidak operasi, tidak ada pendarahan, tidak ada rasa sakit, tidak bahaya. Melalui sinar photon dapat mematikan                 jaringan tumor di dalam tubuh, mengurangi komplikasi infeksi yang bisa disebabkan oleh operasi.
Dapat memasuki bagian tersembunyi yang tidak dapat dimasuki oleh pisau operasi bedah, seperti pembuluh   darah besar jantung, bagian hilar paru, dan lainnya.

Dalam pengontrolan komputer modern dapat menjalani penyinaran dari berbagai sudut, sesuai dengan bentuk tumor, sehingga memberikan efek samping yang minimal pada jaringan normal lainnya.
PK
Radioterapi konvensional
Biasanya tumor selalu dikelilingi oleh
jaringan normal, dosis pengobatan pada satu bagian dapat mencapai dosis mematikan, pada saat bersamaan juga dapat membunuh jaringan normal yang mengelilingi tumor
Operasi   manual
Mengeluarkan darah, merasa sakit yang berlebihan dan resiko besar.
Bentuk tumor tidak beraturan, tidak dapat mengangkat secara tuntas.
Dalam proses pengangkatan tumor keluar, sel tumor sering masih tersisa dan menjadi bibit tumor yang baru, dan mengakibatkan terjadi penyebaran atau metastasis.
Kemoterapi konvensional
Obat kemoterapi ada efek samping, di saat membunuh sel tumor dapat membunuh komposisi darah sistem kekebalan tubuh, jaringan kelenjar getah bening dan lainnya, membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rusak.
        Aplikasi klinis
  Digunakan pada tumor bagian kepala, leher, thorax, abdomen, panggul, sarcoma jaringan lunak, sarcoma tulang atauosteosarcoma dan lainnya. Terutama terhadapt pasien yang tidak ingin menjalani operasi, pasien yang telah menjalani operasi tetapi masih tersisa maupun kambuh kembali, pasien yang tidak dapat menerima operasi, pasien yang telah menerima pengobatan konvensional seperti radioterapi, kemoterapi tetapi kambuh kembali dan lainnya, bisa mendapatkan hasil pengobatan baik yang tidak bisa didapatkan dari pengobatan lainnya.

Terapi Photodynamic (PDT)—Melawan kanker dengan “senjata laser”

  Definisi
  Terapi kanker photodynamic menggunakan photosensitive dan laser, dengan keefekifan tinggi membunuh sel kanker, adalah sebuah terapi tanpa luka. Pada tahun 1996 disetujui oleh FDA Amerika untuk diterapkan dalam klinis dan pada tahun 2003 disetujui oleh SFDA China untuk diterapkan dalam klinis.
  Menggunakan suntikan photosensitive, jaringan kanker menyerap banyak photosensitive, dan jaringan normal menyerap sangat sedikit; menggunakan laser khusus menyinari area kanker, dengan sinar laser, photosensitive langsung mengeluarkan keefektifannya untuk membunuh sel kanker, dan tumor hilang secara perlahan.
  Bentuk Terapi Kanker
  Operasi , kemoterapi , radioterapi , terapi immunisasi biologi , terapi photodynamic , merupakan 5 cara pengobatan kanker yang telah diakui di dunia internasional.
  Proses Terapi
  1.Langkah pertama : menyuntikkan photosensitive ke tubuh pasien, photosensitive 2.yang biasa dipakai adalah PHOTOFRIN®
  3.Langkah kedua : setelah disuntik harus menunggu 40 sampai 50 jam
  4.Langkah ketiga : menggunakan laser menyinari daerah kanker untuk membunuh sel kanker
  Keunggulan
  1.Minimal invasif--- tidak operasi, tidak luka, sakit ringan
  2.Hasil yang cepat --- 48-72 jam sudah dapat melihat hasilnya
  3.Mencegah kanker kambuh kembali --- membasmi sel atau lesi kanker yang kecil atau berpotensi kambuh kembali
  4.Jarang terjadi komplikasi --- toksisitas rendah, terutama digunakan untuk kanker stadium lanjut atau pasien yang sudah berusia lanjut dengan fisik lemah
  Penerapan atau aplikasi klinis
  1.Kanker orofaringeal : kanker mulut stadium awal, kanker nasofaring efisiensi mencapai 75%-100%
  2.Kanker esofagus : efektif memperbaiki penyumbatan yang disebabkan oleh kanker esofagus, mengobati kanker leher esofagus, mengobati kanker esofagus submukosa; dapat menghilangkan tumor yang ada pada bagian rongga esofagus, atau terhadap bagian rongga esofagus yang sudah dipasang stent.
  3.Barrett esofagus : tidak hanya efektif menghilangkan barrett esofagus, tetapi juga dapat mengobati adenomakarsinoma esofagus stadium awal.
  4.Kanker paru-paru : terhadap kanker saluran pernapasan stadium awal, pengobatan tarif 90%, terhadap kanker saluran pernapasan stadium lanjut dan yang mengalami penyumbatan, tingkat keberhasilan perbaikan mencapai 85%
  5.Kanker lambung : tingkat pengobatan kanker lambung stadium awal mencapai 85%, dapat memperbaiki gejala kanker lambung stadium lanjut
  6.Kanker kandung kemih : mengobati tuntas kanker primer, terhadap kanker stadium lanjut tingkat keefektifan 71%.
  Juga efektif mengobati kanker lainnya seperti : kanker ususkanker saluran empedu, khususnya cocok untukpengobatan kanker saluran empedu hilar, kanker pankreas, kanker bagian perut, kanker hatikanker otak, tumor kulit bagian selaput dada dan abdomen, kanker saluran kemih reproduksi.

Radiofrequency ablation (RFA) : Membunuh Kanker-Kanker seperti terbungkus dalam api

  Definisi
  Dibawah panduan gambar imaging, melalui tusukan minimal invasive langsung ke dalam kanker, memasukkan generator pemanas, yang langsung membuat kanker meleleh. Karena teknik ablation atau melelehkan kanker tepat pada sasaran, sehingga tidak menghasilkan efek samping yang merusak jaringan normal. Hasil terapi radiofrequency ablationadalah sama seperti operasi pengangkatan kanker, sering dikenal sebagai operasi yang tidak menggunakan pisau.
  Prinsip
  Radiofrequency ablation memiliki jarum multipolar, sistem pemantau suhu, suhu maksimum dapat mencapai 125 derajat celcius, pada saat tindakan berlangsung selalu memantau target suhu, untuk menjamin keamanan dan hasil pengobatan yang baik.
  Proses pengobatan yaitu dibawah panduan DSA, CT, maupun USG, dilakukan tusukan dari kulit, kemudian jarum elektroda dimasukkan ke dalam kanker. Bagian depan jarum elektroda akan terbuka menjadi 10 jarum berbentuk seperti payung. Suhu panas radiofrequency ablation adalah menggunakan aliran listrik dengan frekuensi tinggi, sehingga sekitar jarum elektroda menghasilkan gesekan dan ion berkecepatan tinggi, pada saat suhu sudah mencapai 80-100 derajat, maka kanker akan terbakar dan sel kanker akan hancur, biasanya teknik tersebut disebut sebagai “pembakaran” tumor.
  Proses Radiofrequency ablation
  1.Dibawah panduan CT dilakukan tusukan dari luar kulit, kemudian memasukkan jarum elektroda ke dalam kanker
  2.Jarum elektroda yang ada didalam kanker akan terbuka menjadi 10 jarum berbentuk seperti payung, yang mencakar didalam kanker
  3.Dengan suhu yang tinggi membuat kanker seperti terbungkus dalam api
  Kelebihan
  1.menggunakan panduan imaging, dengan tepat, tidak perlu operasi, hanya dengan tusukan di bawah kulit dan bius lokal.
  2.luka yang kecil, rasa sakit yang ringan, efek samping kecil, hasil efektif, pemulihan cepat, jangka waktu pengobatan pendek.
  3.Hasil pengobatan bagus, dapat mencapai hasil pengobatan yang sama seperti operasi.
  Aplikasi klinis
  1.Dapat diterapkan untuk mengobati kanker hati, kanker paru, kanker payudara, dan berbagai jenis kanker yang sudah menyebar.
  2.Untuk kanker yang kambuh kembali pasca operasi
  3.Terhadap diameter tumor yang kurang dari 5 cm, jumlah tumor primer yang kurang dari 3, biasanya lesi kanker akan benar-benar hancur tuntas.
  4.Terhadap kanker yang diatas 5 cm proses pengobatan dapat dijalankan terpisah, volume kanker dapat dikecilkan secara signifikan, dan menghambat perkembangan sel kanker.
  5.Untuk pasien yang sudah berumur dengan fisik yang lemah atau ada menderita penyakit lain atau sebab lain yang tidak memungkinkan untuk dilakukan operasi pengangkatan kanker.

Stem Sel yang Menakjubkan

  Apa itu stem sel?
  Stem sel dalam bahasa mandarin berasal dari kata “pohon”, “batang” dan “sumber”, artinya stem sel sama seperti batang pohon yang dapat tumbuh cabang, daun, berbunga dan berbuah. Oleh karena itu,ilmuan menamakannya sebagai stem sel. Stem sel adalah sel primitif yang memiliki kemampuan memperbaru dan potensi untuk berdiferensiasi, merupakan sel yang bersumber dari tubuh, dalam keadaan tertentu dapat berdiferensiasi menjadi berbagai fungsi jaringan sel maupun organ, dalam dunia medis disebut sebagai “sel multi-fungsi”
  Apa itu regenerasi sel induk?
  Proses regenerasi stem sel adalah transplantasi dengan menggunakan sel induk tubuh sendiri, dapat dikatakan stem sel atau sel induk dapat ditanamkan ke berbagai organ tubuh yang sakit, untuk mencapai keefektifan pengobatan penyakit kronis.
  Prinsip regenerasi sel induk
  Konsep regeneratif kedokteran berasal dari binatang lintah, kadal dan cicak, binatang-binatang tersebut tidak hanya mempunyai kemampuan regeneratif sel induk, tetapi juga dapat mengaktifkan mekanisme pertumbuhan yang cepat, oleh karena itu setelah anggota tubuh maupun ekor terputus, sangat cepat tumbuh kembali.
  Teknologi stem sel termasuk “teknologi regeneratif kedokteran”, yang paling bernilai adalah melalui pemisahan atau pengkloningan, pemeliharaan dan diferensiasi induksi di luar tubuh, dapat menciptakan jaringan,sel dan organ yang baru, muda, dan normal. Melalui teknologi transplantasi khusus, memasukkannya ke dalam tubuh untuk menggantikan sel yang rusak maupun yang tidak normal, membawa perubahan dan harapan kepada penderita penyakit kronis yang susah diobati.
  Proses pengobatan stem sel (contoh kasus sirosis atau pengerasan hati)
  Proses pengobatan stem sel Rumah Sakit Kanker Modern Guangzhou:
  1.Pengambilan sumsum tulang dari tubuh pasien
  2.Pemisahan, pemeliharaan dan pengembang biakan sel induk di luar tubuh
  3.Kemudian stem sel dimasukkan ke hati pasien
  4.Stem sel akan bekerja di dalam hati dan berdiferensiasi menjadi sel hati yang baru
  Faktor-faktor yang menentukan hasil pengobatan stem sel:
  1.Faktor kualitas sel induk. Cara pengkloningan yang sederhana dan pemasukan kembali pada tubuh pasien dari stem sel yang diambil dari darah atau sumsum tulang, pada umumnya tidak ada hasil yang efektif. Stem sel yang digunakan Rumah Sakit Kanker Modern Guangzhou adalah menggunakan teknologi khusus untuk pengkloningan dan perkembangbiakan sel.
  2. Cara implan atau pemasukkan stem sel ke tubuh pasien. Rumah Sakit Modern Guangzhou menggunakan cara transarterial intercurent melalui pembuluh arteri hati. Sekarang ini di Internasional juga ada yang melalui pembuluh darah vena. Tetapi karena kami berpikir bahwa pembuluh arteri hati berfungsi sebagai pemasok nutrisi, sehingga hasil akan lebih efektif.
  3.Periode pengobatan. Kami pikir harus berdasarkan kondisi pasien untuk menentukan periode pengobatan, tetapi untuk menghemat biaya pengobatan dengan hasil pengobatan yang tetap terjamin harus dipertimbangkan secara menyeluruh.
  Penerapan atau aplikasi klinis
  Sekarang ini dalam dunia Internasional pengobatan stem sel banyak diterapkan pada pengobatan diabetes tipe 1 dan 2, sirosis, penyakit hati yang sudah parah, sindroma ginjal, radang lupus ginjal, penyakit tulang, otot tidak bertenaga, fungsi kelamin pria yang tidak normal, penyakit sekitar pembuluh darah, dan penyakit lain yang tidak dapat pengobatandengan cara biasa.

Pengobatan Penanaman Partikel 125I-edakan terarah pada

tumor
  1.tanpa luka,tidak berdarah
  2.tanpa penderitaan,efek samping yang minim
  3.memperpanjang usia,mempertinggi kualitas hidup
  Sistem 3D radiasi intern penanaman partikel : diameter partikel 0.8mm,panjang 0.4cm
  1.Prinsip Pengobatan
  Partikel 125I merupakan semacam nuklida radiasi berenergi, dapat memancarkan sinar γdalam jarak dekat dan terus-menerus membunuh sel tumor,bekerja sebagai radioterapi intern terhadap tumor,mencapai hasil yang sama seperti operasi pengangkatan tumor,oleh karena itu partikel radiasi ini disebut juga pisau partikel.
  2.Keunggulan
  (1)Efektif memancarkan sinar terpusat di dalam tumor,tanpa merusak jaringan-jaringan normal
  (2)Pemancaran sinar berlangsung hingga 180 hari,efektif membunuh sel tumor.
  (3)Meringankan penderitaan pasien,memperpanjang usia,memperbaiki kualitas hidup
  3.Prosedur Pengoperasian
  Pertama-tama input data ukuran tumor yang terlihat pada hasil CT atau MR ke dalam Sistem Perencanaan Terarah 3 Dimensi (TPS),ditampilkan berupa gambar 3D yang serupa dengan ukuran asli tumor,maka berdasarkan posisi,bentuk,dan ukuran tumor dirancanglah keseluruhan perencanaan pengobatan,ditentukan berapa banyak partikel iodium yang ditanam ke dalam tumor, dan dicocokan posisi yang sesuai untuk peletakan setiap biji partikel.
  Dokter berdasarkan perencanaan pengobatan tersebut kemudian melalui laparoskopi,atau di bawah bimbingan CT maupun USG,menggunakan seperangkat peralatan khusus untuk meletakkan partikel 125I langsung ke dalam jaringan tumor,atau ditanam ke dalam tumor yang belum terangkat tuntas waktu menjalani pembedahan,dan juga ke dalam jaringan getah bening yang kemungkinan sudah ada penyebaran. Partikel-paertikel ini terus-menerus memancarkan sinar γ di dalam tumor,bagaikan “ranjau”yang meledak tepat membunuh sel tumor.
  4. Keluhan yang ditimbulkan setelah penanaman partikel
  Komplikasi dari penanaman partikel 125I sangatlah minim, tidak menyebabkan kelainan fungsi pada organ tubuh lain, oleh sebab itu sebagian besar pasien tidak menunjukan adanya gejala/keluhan.
  5. Indikasi
  Cocok untuk mengobati berbagai jenis tumor primer maupun tumor metastasis atau penyebaran.
  6. Jumlah Partikel yang ditanam
  Semakin besar tumor, semakin banyak pula jumlah partikel 125I yang ditanam,bahkan ada kasus dimana tumor menghilang setelah sekali penanaman. Apabila setelah pemeriksaan ulang ditemukan jumlah partikel yang ditanam masih kurang, masih boleh ditambahkan lagi kemudian.
  7. Jangka waktu keefektifan radio partikel
  Masa penurunan kadar radiasi partikel 125I adalah 60 hari, berdasarkan perhitungan penurunan bertahap dari kadar radiasi,maka pasca satu kali penanaman, keefektifan pemancaran sinar dapat bertahan selama 180 hari di dalam tubuh manusia.
  8. Apakah teknik penanaman radio partikel dapat mencegah kanker kambuh kembali?
  Penanaman partikel radioaktif hanya diperuntukkan untuk tumor yang sudah muncul, dapat membunuh sel kanker pada area penanaman, merupakan cara pengobatan lokal, apabila dikombinasikan dengan cara pengobatan lainnya (misalnya pengobatan intervensi atau cryosurgery), maka dapat membunuh tumor lebih sempurna dan efektif.
  9. Bagaimana membuktikan hasil pengobatan partikel?
  Pasca penanaman partikel 125I ke dalam tumor, partikel akan terus-menerus memancarkan sinar γ untuk menyerang sel kanker,pada saat energi radiasi terkumpul sampai tahap tertentu,maka sel kanker dikarenakan serangan sinar radiasi yang terus-menerus akan mati secara perlahan. Oleh karena itu,membasmi sel kanker dengan cara menanam partikel radioaktif merupakan proses yang pelan dan berkelanjutan, pada umumnya 2-3 bulan pasca penanaman partikel akan terlihat sel kanker yang mati secara drastis. Sedangkan pada ukuran kanker di permukaan tubuh akan semakin mengecil, melalui pemeriksaan CT atau USG terhadap tumor dalam tubuh,akan terlihat sel-sel tumor yang mengecil atau mati.
  10. Hal-hal yang perlu diperhatikan
  Jarak radiasi partikel 125I adalah 1.7cm, cedera radiasi terhadap dokter dan pasien jauh dibawah standar perlindungan nasional, maka tidak perlu khawatir terhadap keamanan radiasinya.
  Selama 2 bulan pasca penanaman partikel, pasien sebisa mungkin menghindari kontak dekat dengan ibu hamil dan anak-anak di bawah 3 tahun, setelah 2 bulan radiasi akan berkurang perlahan, bisa kembali kehidupan biasanya.
  Kerak luar radio partikel ini dibuat dari bahan titanium, titanium tidak mempengaruhi medan magnet, oleh karena itu setelah penanaman partikel ke dalam tubuh bisa menjalankan pemeriksaan CT,MRI,X-ray,USG seperti biasa.